4


 

   Gundih, memasuki masa new normal setelah lama vakum dalam berkegiatan puskesmas Gundih melaksanakan Rapat Pengurus Kader Toga yang dilaksanakan di balai RW 04 kelurahan Gundih, Kamis (3/9) adapun rapat kali ini adalah kelanjutan dari rapat perdana pada Sabtu (29/8) di puskesmas Gundih.

       Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Gundih (dr.Rahmad Su'udi) sebagai kelanjutan hasil rapat di puskesmas Gundih.

       Adapun hasil rapat pada Sabtu (29/8) adalah sebagai berikut :

1. Perubahan Struktur Organisasi
       
        a) Yang awalnya terdapat 4 Struktur Organisasi, yaitu Visitoga, Visitoga Siaga Bro, Kantin Sehat dan Koperasi, melebur menjadi hanya 1 Struktur Organisasi saja bernama Visitoga
     
       b) Pemisahan Struktur Organisasi menjadi per Kelurahan. Yaitu Visitoga Kelurahan Gundih dan Visitoga Kelurahan Bubutan. Sudah tidak ada koordinator yg membawahi antar 2 Kelurahan. Masing - masing Pengurus Visitoga wilayah Kelurahan bertanggung jawab langsung kepada Puskesmas sebagai Pembina dan Fasilitator.

Hal ini dilakukan sebagai apresiasi dari Puskesmas Gundih sebagai Pembina dan Fasilitator kepada masing - masing wilayah Kelurahan yg memiliki karakter berbeda dalam pengembangan pengetahuan tentang program pemanfaatan Toga
 
     
 c) Usulan nama pengurus baru per Wilayah disampaikan pada acara pertemuan para Penanggung Jawab (PJ) yg akan disampaikan undangannya

2. Pelaksanaan kegiatan bulanan rutin sesuai Program Kesehatan akan dilaksanakan setelah kondisi status Pandemi dinyatakan dicabut oleh Pemerintah, dgn ketentuan pelaksanaan kegiatan bulan 1 dilaksanakan oleh Kelurahan Gundih, bulan 2 dilaksanakan oleh Kelurahan Bubutan, bulan 3 dilaksanakan pertemuan gabungan 2 Kelurahan (Gundih+Bubutan) dan seterusnya.

3. Organisasi Koperasi yg selama ini dilaksanakan gabungan antar 2 Kelurahan juga dipisahkan menjadi koperasi wilayah masing - masing kelurahan. Sbg konsekwensi, maka Koperasi yg selama ini sdh dijalankan diputuskan utk ditutup. Maka dari itu, disepakati bagi yg masih memiliki tanggungan Simpan-Pinjam segera diselesaikan atau dilunasi paling lambat bulan Desember 2020.

4. Keuangan Kas Visitoga

         a) Keuangan Kas Visitoga yg selama ini juga merupakan gabungan dari 2 wilayah Kelurahan, untuk 25 nama kader Visitoga yg dipinjam namanya utk menyerap uang transport dari Dinas Kesehatan dengan nominal 100.000/tahun, maka bagi nama - nama yg sdh membayar iuran kepada bendahara di tahun 2020, akan dikembalikan kepada masing - masing.

         b) Untuk sisa uang kas yg ada di tahun 2019 akan digunakan untuk kegiatan kebersamaan

         c) Untuk  laporan akan disampaikan oleh bendahara pada Pengurus Visitoga yg lama yaitu bu Hariani (pengganti alm.Hj.Anas), setelah menyelesaikan semua penghitungan dan setelah melakukan pertemuan PJ wilayah Kelurahan Gundih dan Bubutan.


5. Rencana pengembangan Program Visitoga

          a) Rencana pembuatan Kantin Sehat yg bernama Pojok Sehat di kantor Kecamatan Bubutan, akan difungsikan sebagai sarana KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) tentang kegiatan Kesehatan khususnya Visitoga, yg dilakukan oleh kader Visitoga

          b) Rencana pembuatan booth penjualan produk olahan kader Visitoga di Puskesmas Gundih. Booth penjualan berupa olahan minuman segar & makanan sehat olahan kader Visitoga.

         Dari hasil rapat di puskesmas diatas telah mengerucut dan disepakati secara aklamasi dalam rapat lanjutan kali ini.

         Tak hanya menyepakati hasil rapat di puskesmas Gundih, tapi dalam rapat kali ini juga dilakukan pemilihan ketua Visi Toga Kelurahan Gundih yaitu Bapak Siswoyo.

Posting Komentar

 
Top