0

 
   Ketahanan pangan dalam masa pandemi diharapkan dapat dilakukan di semua wilayah Kota Surabaya, Langkah Ini diambil sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu kebutuhan beras Kota Surabaya tidak mencukupi. Maka dari itu, semua wilayah diharapkan menyiapkan program tersebut sebagai pendukung beras atau makanan pokok sehari-hari.
    Beberapa program ketahanan pangan tersebut diaplikasikan dengan cara menanam makanan pendamping beras. Seperti ketela pohon, ketela rambat, tales, sukun, pisang dan sebagainya. Sehingga ke depan diharapkan masyarakat tak hanya mengonsumsi beras sebagai makanan pokok sehari-hari.
 
 Untuk mendukung program pemerintah Kota Surabaya tersebut, Ahad (26/9) bertempat di RT 3 dan RT 5 RW 05 Babadan dilakukan kerja bakti massal warga untuk mempersiapan tempat yang sedianya sebagai sarana ketahanan pangan, baik untuk bercocok tanam maupun pemeliharaan ikan lele.
       Hadir dalam kegiatan kerja bakri, Kader Lingkungan (KARLING) kelurahan Gundih (H.Sarekan) meninjau tempat dan memberi beberapa masukan dari ilmu yang pernah didapatkan. 
 
   "Kami sangat mengapresiasi warga RW 05 Babadan yang telah ikut serta membantu program Pemerintah Kota Surabaya yang dicanangkan Ibu Walikota pada bulan Juli yang lalu untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di setiap wilayah kota Surabaya untuk dipergunakan sebagai lahan bercocok tanam maupun pembibitan ternak lele sebagai kerahanan pangan Kota Surabaya" ungkap H.Sarekan.
   
       Sejalan dengan yang diungkap , H.Sarekan lahan kosong milik warga untuk dikelola sebagai apresiasi program pemerintah juga untuk mengurangi sampah yang selama ini selalu dibuang dilahan tersebut.

 
   Sebelumnya,melalui pihak dinas terkait dan pihak kelurahan, pada Kamis (3/9) dilakukan survey lokasi dan hasilnya disetujui tempat tersebut layak dijadikan lahan mendukung program Pemerintah Kota Surabaya.

        Tak hanya para bapak - bapak yang bekerja bakti, Ibu - ibu kader lingkungan pun tidak mau kalah dalam memajukan wilayah dengan cara menanam tanaman buah buahan dalam pot.
   
  "Tak hanya untuk mempersiapkan lahan untuk bercocok tanam dan pembibitan lele, di gang penghubung antar RT akan kami buatkan lahan tanaman gantung yang berguna sebagai penyejuk juga dapat menghasilkan" tambah Supriyadi sebagai kordinator Lingkungan.
    

Posting Komentar

 
Top