1

SURABAYA- Aplikasi PUNTADEWA (Himpun Data Demografi Kawasan) adalah aplikasi kependudukan non permanen Kota Surabaya melalui Dispendukcapil yang bertujuan menertibkan dengan mempermudah pendataan penduduk non permanen yang secara administratif yang masih tercatat pada daerah asal.
Dispendukcapil kota Surabaya bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berada di masing-masing Kelurahan, seperti KIM Gundih Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan memberikan sosialisasi kepada warga non permanen, pengurus RT/RW serta tokoh masyarakat mengenai tata cara pendataan/pendaftaran melalui aplikasi yang sudah kami sediakan dibawah (tutor PUNTADEWA).


Aplikasi PUNTADEWA sudah sesuai dasar hukum dan jelas yang dibuat berdasarkan pedoman yang tertuang dalam Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) RI nomor 14 tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Non Permanen, serta Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya Nomor 6 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
Tidak ada ada alasan lagi untuk warga pendatang/non permanen untuk tidak mendaftarkan atau kesulitan mendaftar karena Pemerintah Kota Surabaya sudah memberikan kemudahan pendaftaran.
Sebagai harapan penduduk non permanen segera mendaftarkan karena nantinya ada sanksi administrasi sebesar Rp. 500.000,- yang tertuang dalam Perda tersebut apabila kena sidak.
Pendaftaran bisa mendaftarkan diri atau menghubungi RT/RW setempat, selain itu warga bisa mengikuti tahapan melalui website Dispendukcapil 
http://dispendukcapil.surabaya.go.id/puntadewa/ 
Jika data terisi dengan benar, maka otomatis akan mengaprove serta pendaftar akan mendapatkan tanda terima yang ada barcode yang bisa dicetak atau disimpan dalam hp/android sebagai bukti sudah mendaftar.
Untuk mengedit kepindahan dilakukan ditempat yang baru dengan login yang sama dan Jangan sampai lupa password-nya dan bila lupa bisa klik lupa password dibawah login yang sudah disediakan.



Tutor PUNTADEWA :
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://dispendukcapil.surabaya.go.id/puntadewa/puntadewa_tutorial.pdf&ved=2ahUKEwi9hYnm7K7mAhWP63MBHcaRCasQFjAAegQIBxAC&usg=AOvVaw2CZwpgIYoWjyJFEBBJMT_4&cshid=1576110442444


Posting Komentar

 
Top