0

SURABAYA, Penggalian situs dan tempat sejarah yang digagas oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Disparta dilakukan secara serius yang penggaliannya per Kecamatan seperti yang dilakukan kamis, 12 Desember 2019 tempat Kecamatan Bubutan.
Banyak situs dan tempat sejarah di Kota Surabaya yang butuh perhatian serius dari Pemerintah Kota contohnya di kecamatan Bubutan seperti yang disampaikan Bp. Pengky  dari tokoh masyarakat Kelurahan Bubutan yang menceritakan bahwa disekitar makam tembok terdapat makam Patih Suroboyo yang nantinya berhubungan dengan situs-situs yg ditinggalkan ditempat lain.
Begitu juga dari Kelurahan Gundih Bp. Agus menceritakan diwilayah Gundih terdapat makam Mbah Buyut Doro. Ada situs Sumur Windu, makam Nyi Pandan Sari, Pompa air peninggalan zaman Belanda yang ada di wilayah kelurahan Tembok Dukuh dan banyak lagi di wilayah Kecamatan Bubutan.
Begitu juga banyak yang sudah beralih bentuk bangunan.
Dari yang sampaikan pada intinya permohonan untuk diperhatikan serta diilestarikan sebagai pengingat sejarah dan tempat wisata.
Disparta akan menggali lebih jauh situs maupun tempat sejarah dengan datang ke lokasi serta mengali sejarahnya dari tokoh-tokoh yang masih hidup.
Dengan adanya keperdulian Pemerintah Kota Surabaya terhadap situs dan tempat sejarah akan mengetahui sejarah dan memperbanyak tempat wisata yang ada di Surabaya.

Posting Komentar

 
Top