0

Karakteristik Lidah Buaya

Lidah Buaya ciri-cirinya biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau baiasa di tanam di dalam pot ataupun di pekarang rumah untuk dijadikan tanaman hias. daunnya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi atau berduri kecil, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya mencapai 15-36 cm, lebar 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya mencapai 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan ( jingga ), banyak di afrika sisi utara, hindia barat.
batang tanaman aloe vera berbatang pendek. batangnya tak terlihat di karenakan tertutup oleh daun-daun yang rapat dan beberapa terbenam dlm tanah. melewati batang ini dapat nampak tunas-tunas yang setelah itu jadikan anakan. aloe vera yang bertangkai panjang juga nampak dari batang melewati celah-celah atau ketiak daun. batang aloe vera juga bisa disetek utk perbanyakan tanaman. peremajaan tanaman ini dikerjakan memangkas habis daun dan batangnya, lantas dari sisa tunggul batang ini dapat nampak tunas-tunas baru atau anakan.
Daun daun tanaman aloe vera berupa pita dengan helaian yang memanjang. daunnya berdaging tidak tipis, tak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifaat sukulen ( banyak memiliki kandungan air ) dan banyak memiliki kandungan getah atau lendir ( gel ) sbg bahan baku obat. tanaman lidah buaya tahan pada kekeringan di karenakan didalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air. wujud daunnya mirip pedang dengan ujungnya meruncing, permukaan daunnya dilapisi oleh lilin, dengan duri lemas dipinggirnya. panjang daun bisa meraih 50 – 75 cm, dengan berat 0, 5 kg – 1 kg, daun melingkar rapat di sekitar batang bersaf-saf.

Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Kingdom: Plantae
Super Divisi:Monocotyledone
Divisi: Spermatophyta
Ordo:Asparagales
Famili:Xanthorrhoeaceae
Genus:Aloe
Spesies:A.Vera

Memiliki Khasiat

  1. Untuk obat cacing
  2. Penyembuh luka bakar
  3. Obat bisul
  4. luka bernanah
  5. Amandel, sakit mata, keseleo dan, kosmetik, serta jerawat.

Kandungan Tanaman Lidah Buaya

Tmenurut hasil penelitian, tanaman ini kaya dapat kandungan zat-zat layaknya enzim, asam amino, mineral, vit, polisakarida dan komponen lain yang amat berguna untuk kesehatan. Anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan menolong sistem pergantian sel. di samping turunkan kandungan gula dlm darah untuk pasien diabetes, mengontrol tekanan darah, merangsang kekebalan tubuh pada serangan penyakit kanker, dan bisa dipakai sbg nutrisi pendukung penyakit kanker, pasien hiv/aids.

Posting Komentar

 
Top