1
Manfaat Daun Ginseng Jawa
Tanaman ginseng jawa adalah jenis lain dari tanaman ginseng yang memiliki nama Latin Talinum crassifolium. Tanaman perdu ini tumbuh menjalar yang cukup pendek sekitar 60 cm dengan daun mengkilap berbentuk oval dan berwarna hijau. Tanaman ini juga memiliki bunga berwarna ungu agak merah muda. Bagian daun ginseng jawa ini seringkali digunakan sebagai berbagai jenis masakan seperti tumis karena memiliki rasa yang sangat nikmat. Sebenarnya semua bagian dari tanaman ginseng ini bisa dikonsumsi baik bagian akar, batang dan tentunya bagian daun. Manfaat daun ginseng jawa untuk tubuh cukup beragam sebab memiliki kandungan yang juga hampir serupa dengan ginseng biasa seperti saponin, flavonoid, steroid, minyak atsiri, vitamin A, vitamin B, asam polisakarida dan beberapa kandungan bermanfaat lainnya.
  1. Meningkatkan Kinerja Sistem Seksual
Daun ginseng jawa sudah sejak lama digunakan untuk obat herbal masalah seksual karena senyawa yang terkandung didalamnya bisa menstimulasi sistem saraf tepi dan juga saraf pusat sehingga aliran darah menuju alat kelamin bisa semakin lancar. Sedangkan genosida dalam daun ini berguna untuk menstimulasi produksi hormon testoteron dan panaksinol yang juga membantu mengatasi masalah seksual.
  1. Sumber Energi
Dalam daun ginseng jawa juga mengandung vitamin B yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energilebih efektif sekaligus mengatasi lelah dan memperbaiki sel rusak pada otot dan jaringan ligamen sehingga baik dikonsumsi untuk menambah tenaga saat beraktivitas berat dan olahraga.
  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Kandungan sterol dalam daun ginseng jawa bermanfaat untuk memperbaiki sistem sirkulasi darah sehingga bisa lebih lancar. Aliran darah menuju otak juga bisa semakin lancar yang memasok oksigen dan nutrisi penting untuk otak sehingga kemampuan berpikir, menganalisa, mengingat dan juga konsentrasi semakin meningkat.
  1. Anti Kanker
Dari sejumlah penelitian membuktikan jika daun ginseng jawa yang dikonsumsi dengan teratur ampuh digunakan sebagai solusi kanker alami. Antioksidan dan asam polisakarida dalam daun ini bisa mengurangi komplikasi hematopoietik yang terjadi sesudah penderita kanker menjalani kemoterapi.
  1. Menurunkan Berat Badan
Daun ginseng jawa mengandung antioksidan serta serat tinggi yang baik untuk membantu program diet menurunkan berat badan. Manfaat antioksidan dan serat akan mengurangi lemak dan kolesterol tinggi yang menumpuk dalam tubuh sekaligus melancarkan proses pembuangan limbah dalam tubuh.
  1. Menjaga Kesehatan Liver
Saponin dalam daun ini berperan penting dalam menjaga kesehatan organ liver. Beberapa jenis toksin sanggup dinetralisir dengan daun ini sehingga regenerasi sel hati bisa ditingkatkan sekaligus mencegah kerusakan organ hati taraf medium.
  1. Melancarkan ASI
Daun ini juga disarankan dikonsumsi sesudah melahirkan karena saponin dalam daun ginseng jawa juga sangat baik untuk melancarkan produksi ASI dengan cara melancarkan sirkulasi darah sekaligus meningkatkan stimulasi fungsi dari ASI tersebut.
  1. Meningkatkan Mood
Kandungan bernama genosida yang juga ada dalam daun ginseng jawa bermanfaat untuk stimulasi pembentukan hormon endorfin yang sangat penting untuk meningkatkan mood, fokus dan juga semangat dalam beraktivitas baik untuk pelajar ataupun pekerja
  1. Mengatasi Diabetes
Daun ginseng jawa juga memiliki manfaat lain yakni sebagai anti diabetes karena efek anti hiperglikemia yang ada dalam daun ini. Selain itu, ekstrak dari dan ginseng jawa juga bisa meningkatkan sekresi glukosa yang sangat penting bagi glukosa dalam darah.
  1. Menjaga Keseimbangan Hormon
Dalam daun ginseng jawa juga mengandung minyak atsiri yang sangat ampuh dalam menjaga keseimbangan beberapa hormon seperti tiroid, testoteron, estrogen, kortisol dan juga progesteron. Dengan ini, maka beberapa kondisi dalam tubuh bisa diperbaiki seperti infertilitas, PCOS, meningkatkan lobido pria, gejala PMS serta menopause.
  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saponin yang ada dalam daun herbal ini bisa melawan pertumbuhan parasit sehingga saat dikonsumsi bisa melawan berbagai organisme berbahaya penyebab penyakit karena sistem kekebalan tubuh bisa lebih ditingkatkan.
  1. Menyembuhkan Varises
Varises yang lebih sering terjadi pada wanita sudah menjadi masalah umum seluruh dunia dimana pembuluh darah membesar dan katupnya menghambat aliran darah. Mengkonsumsi daun ginseng jawa bisa menopang dinding pembuluh darah sehingga bisa bekerja lebih baik karena kandungan flavonoid dalam daun tersebut.
  1. Menjaga Kesehatan Kulit
Tidak hanya menjadi makanan bercitarasa nikmat, daun ginseng jawa juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan pertumbuhan kulit yang baru. Hal ini bisa terjadi karena dalam daun ginseng jawa juga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk mendukung segala sel epitel atau kulit baik internal maupun eksternal. Daun ini juga akan mendukung pembentukan glukoprotein, kombinasi gula dan juga protein sehingga sel bisa saling mengikat dan membentuk jaringan lunak sebagai solusi kecantikan kulit.
  1. Mengobati Hepatitis
Flavonoid yang ada dalam daun ini juga memiliki peran penting untuk mengatasi penyakit hepatitis yang ditandai dengan pembengkakan pada organ hati. Flavonoid dalam daun ini akan membantu penderita virus hepatitis akut dan juga kronis dengan cara mudah yakni mengkonsumsi daun ginseng jawa secara teratur.
  1. Mengurangi Rasa Sakit
Kandungan minyak atsiri dalam daun ginseng jawa juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri. Daun ginseng jawa yang dilumatkan bisa dijadikan untuk membalur area sakit pada tubuh seperti nyeri persendian.
  1. Mengurangi Peradangan
Vitamin A dalam daun ginseng jawa juga memiliki sifat antioksidan yang sangat efektif dalam menetralisir radikal bebas dalam tubuh penyebab kerusakan sel dan jaringan sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh. Vitamin A ini bisa mencegah sel supaya tidak terlalu aktif dan mencegah sistem kekebalan tubuh bereaksi terlalu berlebihan yang bisa menimbulkan alergi makanan dan kemudian berubah menjadi peradangan.
  1. Mencegah Hipertensi
Flavonoid pada daun ginseng jawa merupakan bahan ampuh yang mengandung antihistamin alami dan anti inflamasi untuk menurunkan hipertensi penyebab utama dari stroke. Daun ginseng jawa menjadi makanan penurun tekanan darah terbaik yang bisa anda konsumsi setiap hari tanpa menyebabkan efek samping berbahaya.
Untuk mendapatkan manfaat daun ginseng jawa secara maksimal, anda bisa mencampur daun ginseng jawa dalam makanan, ditumis menjadi sayuran nikmat atau direbus menjadi minuman herbal yang aman dikonsumsi baik oleh anak anak, orang dewasa dan juga wanita selama masa kehamilan dan menstruasi.

Posting Komentar

  1. Sy menanam dan mengkonsumsi daun ginseng , hasilnya luar biasa...

    BalasHapus

 
Top