0

Jika Anda suka minum jamu, pasti tak asing dengan sinom. Minuman ini sangat ringan dibandingkan jenis jamu lainnya yang terasa pahit. Biasanya sinom banyak diminum untuk penetralisasi minum jamu yang pahit dan bahkan banyak anak kecil yang suka dengan minuman manis yang satu ini.
Tapi tahukah Anda bahwa sinom berasal dari daun asam? Meski memang tidak seperti jamu pada umumnya, namun kandungan daun asam sangat banyak dan baik untuk tubuh. Itu lah mengapa daun asam juga dijadikan bahan jamu atau minuman obat tradisional Indonesia. Berikut manfaat daun asam untuk kesehatan.

1. Menghambat malaria
Malaria disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina. Menurut penelitian, ekstrak daun asam bisa menghambat pertumbuhan Plasmodium falciparum, yang dibawa oleh nyamuk dan menyebabkan malaria.

2. Menyembuhkan penyakit kuning dan diabetes
Mengonsumsi ramuan daun asam membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dan juga meningkatkan sensitivitas insulinnya. Ini juga membantu menyembuhkan penyakit kuning.

3. Membantu kudis
Penyakit kudis disebabkan karena kekurangan vitamin C. Juga dikenal sebagai penyakit pelaut, penyakit kudis umumnya disertai dengan gejala seperti pendarahan gusi dan kuku, kelelahan. Daun asam mengandung kadar asam askorbat tinggi, yang bertindak sebagai vitamin anti-penyakit kudis.

4. Menyembuhkan luka
Ketika jus dari daun asam diekstraksi dan dioleskan pada luka, mereka lebih cepat sembuh, berkat sifat antiseptik yang ada di daun. Jus ini juga mencegah infeksi lain dan pertumbuhan parasit. Generasi sel baru juga dipercepat.

5. Meningkatkan laktasi
Ekstrak dari daun asam membantu ibu menyusui meningkatkan kualitas ASI.

6. Menghambat infeksi genital
Ekstrak daun asam berguna dalam menghentikan infeksi genital dan juga memberikan bantuan dari gejalanya.

7. Meringankan kram menstruasi
Kita semua tahu betapa buruknya kram menstruasi. Untuk mengurangi rasa sakit dan membuat haid Anda lebih mudah diatur, Anda bisa menggunakan daun asam dan ekstrak kulit kayu karena bersifat analgesik. Daun pepaya, garam dan air bisa ditambahkan untuk meningkatkan efisiensi daun. Tapi, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak garam.

8. Antiradang
Daun asam memiliki sifat anti inflamasi dan bisa digunakan sebagai obat untuk nyeri sendi dan radang lainnya.

9. Melindungi tubuh dari infeksi
Daun asam adalah gudang Vitamin C, yang menangkal segala infeksi mikroba, yang mengarah ke tubuh yang sehat.

10. Baik untuk kesehatan mulut dan gigi
Kebersihan mulut sangat penting. Salah satu keluhan utama pasien yang menderita masalah mulut adalah bau mulut. Sakit gigi juga berada di puncak grafik. Untuk kedua masalah tersebut, daun asam bisa digunakan sebagai pengobatan yang ideal.

Posting Komentar

 
Top