0

Tanaman Obat Daun kelor memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, tak heran jika daun kelor dijuluki "Daun Ajaib". Namun demikian masih banyak juga yang belum mengetahui tantang pentingnya mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor adalah tanaman mudah tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia. Tanaman kelor bisa diperbanyak dengan biji atau dengan cara stek. Tanaman ini mudah untuk dibudidayakan karena tidak memerlukan perawatan khusus. Beragam zat yang terkandung dalam daun kelor seperti antioksidan, asam amino, magnesium, nitrisi, vitamin A dan kalsium sangat berguna bagi tubuh.
Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkonsumsi daun kelor. Organisasi ini juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Klasifikasi

Kingdom: Plantae
Ordo:Brassicales
Famili:Moringaceae
Genus:Moringa
Spesies:M. oleifera

Khasiat Dari Daun Kelor

  1. Anti stres
  2. Menurunkan gula darah
  3. Mengurangi peradangan
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Kaya antioksidan
  6. Anti kanker
  7. Anti diabetes
  8. Mengobati arthritis
  9. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  10. Menjaga kesehatan mata
  11. Melancarkan ASI

Ramuan Herbal Daun Kelor

Untuk suplemen
  1. 85 gram jahe segar
  2. 10 lembar daun kelor
  3. 1 sendok teh madu
  4. 4 gelas air
  5. Bersihkan dan potong jahe menjadi bagian-bagian kecil, lalu rebus dengan air selama 10 menit.
  6. Setelah itu, matikan api dan tambahkan daun kelor.
  7. Tunggu hingga beberapa menit, saring campuran itu dan tambahkan madu
  8. Minumlah ramuan ajaib ini tiap bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Jadikan ini sebagai rutinitas harian Anda dan Anda tidak lagi membutuhkan suplemen kimia

Kandungan Daun Kelor

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.
Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Posting Komentar

 
Top