2



     Bubutan, Batik merupakan kekayaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia yang telah di tetaplan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai warisan dunia, oleh karena itu wajib untuk dilestarikan dan diajarkan pada generasi penerus agar tidak tergerus oleh zaman terutama dalam seni dan pembuatan batik.. 

     Dewasa ini  banyak jenis batik dan cara pembuatan batik, dari mulai batik tradisional dengan cara mencanting hingga batik modern dengan tekhnik ecoprint yang memanfaatkan dedaunan yang ada disekitar untuk didijadikan motif pembuatan. 



        Bicara batik tidak hanya membicarakan hasil dan seni yang terkandung pada saat menjadi berupa kain indah dengan motif dan corak menarik, tapi lebih dari itu dibutuhkan desain dan cara pewarnaan yang pas untuk dituangkan dalam media kain khususnya dalam pembuatan batik tulis. 

      Hal inilah dibutuhkan ketelitian dan kecermatan juga ahli desain yang mumpuni dalam bidang desain dan juga pewarnaan. 

        Ibu Maria Kartika Indrayana yang juga ketua TP-PKK Kecamatan Bubutan sekaligus dosen desain di Universitas Petra istri dari Camat Bubutan memberikan pembinaan mengenai cara desain membatik.

         Sabtu 15 Januari 2022 bertempat di Kantor Kecamatan Bubutan, Team Kampung Ceria Kelurahan Gundih di berikan arahan mengenai desain dan tindak lanjut untuk mewujudkan kampung batik.

      Giat ini didampingi Camat Bubutan beserta staf kesra Kecamatan dan Lurah Gundih Puput Pujiastuti S. STP. sebagai kelanjutan dari pelatihan yang telah Ibu Maria adakan di balai RW 04 Sumber Mulyo Kelurahan Gundih sabtu 13 November 2021.


 

        Banyak ilmu dan ide kreatif dari beliau yang disampaikan dalam pertemuan guna mendukung kemajuan Kampung Ceria Surabaya khususnya di sentra Kampung batiknya. Tak hanya ilmu dalam teori, beberapa contoh kain batik beliau buat sebagai tolak ukur desain dan pewarnaan yang baik dan benar. 

        "Yang penting jangan takut untuk mencoba dan terus berusaha mengkreasikan batik dalam berbagai bentuk sehingga mendapatkan yang terbaik. Pangsa pasar batik saat ini sangat digandrungi terutama dalam bentuk hijab dan menjadikan peluang usaha bagi warga untuk menghasilkan penghasilan" Ucap beliau

        Tak hanya sekedar sharing, pendampingan bagi warga oleh Ibu Camat akan terus diadakan guna meningkatkan skill dan keterampilan warga dalam mendesain motif batik, juga teknik perpaduan pewarnaan yang baik untuk diaplikasikan menjadi kain batik. 


Posting Komentar

 
Top