2

 


         Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur kembali akan menggelar Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022, setelah vacum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Diskominfo Jatim pun siap menyukseskan perhelatan yang akan dipusatkan di Kota Batu dan melibatkan seluruh Diskominfo dari kabupaten/kota di Jawa Timur tersebut. 

       Guna mendukung kesuksesan JKF 2022, Diskominfo Surabaya mengundang 154 lurah didampingi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan dalam acara Rapat Koordinasi Jatim Kominfo Festival 2022 dan Pelatihan Jurnalistik bagi KIM yang bertempat di Graha Sawunggaling, jalan Jimerto 25 - 27 lantai 6.

        Hadir dalam acara, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) Dinkominfo Bapak Indriatno, Ketua KIM kota Surabaya Anis Sofyan dan 2 narasumber,  Bapak Suryanto selaku Ketua Pewarta Indonesia serta Bapak Tri Mulyono dari Tribun 

        Acara yang digelar mulai pukul 10.00 wib di titik beratkan pada peran KIM dalam  ikut serta mensukseskan JKF 2022 dan lebih memantapkan KIM dalam penulisan jurnalistik dengan dihadirkannya 2 nara sumber yang diharapkan mampu membangkitkan potensi penulusan KIM se Kora Surabaya.



          Tri Mulyono yang merupakan Wakil Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengambil tema "Kabarkan yang memang perlu dikabarkan"  mempergunakan Teori Air Kendi dalam memberikan gambaran untuk memperbanyak ide-ide kreatif.

          "Air kendi akan mudah keluar jika isinya penuh, maka perbanyaklah membaca sehingga otak kita akan penuh dan akan meluber ide-ide kreatif dengan sendirinya untuk melanjutkan dapat di implementasikan dalam penulisan dengan beberapa tahapan prinsip penting tentang perlunya kabar untuk dikabarkan pada khalayak luas yang dalam hal ini masyarakat" ucap pria yang juga wartawan Surya.

           Beberapa materi tentang penulisan pun diberikan sebagai pemantapan KIM dalam menulis berita baik dalam blog maupun media sosial yang dimiliki setiap KIM se Kota Surabaya.

          Tak hanya lewat penulisan, pemantapan dalam pengambilan gambar atau pemotretan pun diberikan oleh Dinkominfo Kota Surabaya dimana pengambilan gambar juga mempengaruhi hasil dari sebuah berita baik dari sisi pencahayaan, sudut pemotretan, komposisi hingga momen pengambilan gambar.

          Diharapkan dengan pelatihan bagi KIM se Kota Surabaya akan mampu menjadi jurnalis handal dan ikut serta mensukseskan Jatim Kominfo Festival 2022.

 

Posting Komentar

 
Top