0

 


       Kader adalah warga pelayan masyarakat yang dipilih oleh masyarakat dan dilatih untuk menggerakkan serta berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat. Terdapat banyak jenis kader di Kota Surabaya dengan tugas yang beragam sesuai perangkat daerah. Agar peran kader lebih terintegrasi, Pemerintah Kota Surabaya ingin melakukan penggabungan seluruh kader menjadi satu yaitu “Kader Surabaya Hebat”. Penggabungan ini bermaksud agar pekerjaan yang dilakukan oleh kader menjadi komprehensi dan efisien sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih paripurna yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dan menggerakkan masyarakat untuk melakukan hidup sehat jasmani dan rohani, menjaga kesehatan, kebersihan, kenyamanan lingkungan. Selain itu kader juga harus memberikan motivasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan yang diadakan di wilayahnya dengan instansi terkait.

 

       Adapun tugas kader yang tergabung dalam Kader Surabaya Hebat sebagai berikut:
- Pendataan dan update kondisi warga melalui aplikasi Sayang Warga
- Membantu pelaksanaan kegiatan di Posbindu
- Melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia
- Melaksanakan kegiatan Posyandu Balita atau Pelita Baru (Pemantauan Balita pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru)
- Melaksanakan kegiatan Kelurahan Siaga
- Berpartisipasi dalam kegiatan musyawarah untuk mencari solusi terhadap masalah di wilayahnya. 
- Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan, pengelolaan lingkungan serta pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan keluarga berencana.
- Memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang : PHBS, ASI Eksklusif, Protokol Kesehatan, Pentingnya vaksinasi, Penyakit TBC pada Kontak erat, KIE/ Konseling tentang KB, Pengelolaan lingkungan serta pemilahan sampah organic dan anorganik (Bank sampah, Maggot, komposter, buis betom)
- Melakukan pemantauan di masyarakat, antara lain : pemantauan pemilahan sampah organic dan anorganik, pemantauan jentik, ODMK, tracing/ pemantauan kontak jika ada kasus penyakit termasuk pemantauan  serta pelayanan pada penduduk rentan (Balita termasuk stunting, gizi buruk, ibu hamil/bersalin/nifas, remaja, lansia, orang sakit dll)  
- Membagikan Vitamin A dan obat cacing kepada Balita, Multivitamin pada Lansia serta Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri.
- Melakukan Pendataan produk olahan, penyehat tradisional serta pemanfaatan TOGA
- Melakukan Pendampingan kontrol ke Rumah Sakit dan Kunjungan Rumah bagi Pasien Paliatif  serta memberikan PMT Paliatif
- Mendampingi ke tempat pelayanan KB, Mendampingi/ memantau akseptor KB pasca pelayanan
- Melakukan pembinaan terhadap kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL, UPPKA, PIKR
           
        Jika sebelumnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Surabaya hanya memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai corong Pemerintah Kota Surabaya dalam memberikan informasi baik dari Pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya, kini dengan masuknya KIM dalam Kader Surabaya Hebat (KSH) diharapkan KIM mampu ikut serta menginformasikan program Pemerintah Kota Surabaya dalam segala lini, baik dalam informasi kependudukan,kesehatan,kepemerintahan maupun terobosan Pemerintah Kota Surabaya melalui aplikasi - aplikasi terbarukan.
  
        Dalam mengali dan menyampaikan informasi ke masyarakat, tidak akan mengena jika hanya menerima informasi melalui media informasi ataupun cetak. Oleh karena itu jum'at (10/6/22) anggota KIM Gundih ikut serta dalam pemantauan jentik yang di selenggarakan secara serentak di wilayah Kelurahan Gundih.

        Giat apel pagi hingga pemeriksaan jentik pada bak mandi atau tandon air warga hingga pencatatan laporan secara manual untuk selanjutnya diteruskan ke aplikasi Sayang Warga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Kader Surabaya Hebat kepada Pemerintah Kota Surabaya demi Surabaya menjadi lebih baik dan hebat dengan seluruh kader -,kader Surabaya Hebatnya.



Posting Komentar

 
Top