0



       Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) merupakan nama “jenerik” atau istilah untuk lembaga masyarakat dengan kedudukan sebagai pimpinan kolektif dari himpunan masyarakat di tingkat Desa/ Kelurahan.

       Adapun fungsi dari BKM sebagai berikut :

- Pusat penggerak dan penumbuhan kembali nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai kemasyarakatan dan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan nyata masyarakat setempat.

- Pusat Pengembangan aturan

- Pusat pengambilan keputusan yang adil dan demokratis kegiatan penanggulangan kemiskinan serta pembangunan

- Pusat pengendalian dan kontrol sosial terhadap proses pembangunan, utamanya penanggulangan kemiskinan

- Pusat pembangkit dan mediasi aspirasi dan partisipasi masyarakat

-.Pusat informasi dan komunikasi bagi warga masyarakat desa

- Pusat advokasi integrasi kebutuhan dan program masyarakat dengan kebijakan dan program pemerintah ataupun pihak ketiga (chanelling).

       Ahad (20/3/2022) bertempat di balai RW 05 Kelurahan Gundih dilaksanakan Pemilihan Kolektif BKM untuk menentukan arah kedepan BKM Gundih Sejahtera untuk 3 tahun kedepan. 

  


     Dalam kepanitiaan yang diketuai oleh Bapak H.Murlan, pemilihan kolektif BKM Gundih Sejahtera, koordinator, UPL, UPK dan sekretariat BKM dilaksanakan dengan sangat profesional, dimana Pemilu Raya berlangsung sesuai prosedur dan dihadiri oleh Fasilitator Kelurahan Ibu Heni, Ibu Neni, Ibu Tutik dan Baoak Soni dan juga Ketua LPMK Kelurahan Gundih Bapak. syaiful Kirom.

       Dimulai dengan presensi peserta pada pukul 08.00 wib dimaksudkan sebagai syarat pemenuhan peserta sebelum dimulainya acara dilanjut dengan acara seremonial dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya beserta mengheningkan cipta untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur baik dalam pertempuran merebut kemerdekaan ataupun dalam mengisi pembangunan. 

       Menginjak acara selanjutnya dengan laporan ketua panitia oleh Bapak H. Murlan disambung sambutan - sambutan, Sambutan pertama oleh Koordinator PK BKM Bapak Rudi Dwikora dilanjutkan sambutan Lurah Gundih yang diwakili oleh Sekretaris Kelurahan Aryo Buwono A.Md dan ditutupnya acara seremonial dengan do'a oleh Ustadz H Eko Harianto SE, ST, MM. 

       Di pukul 09.30 wib acara coffe break selama 15 menit sebelum menginjak acara rapat yang berlangsung dalam 4 rapat untuk menentukan perjalanan kepenggurusan BKM 3 tahun kedepan. 

      Pada sesi rapat pertama dimulau pukul 09.45 wib dengan agenda pengesahan jadwal acara, tata tertib, pemilihan pimpinan rapat serta penyerahan palu rapat yang dipandu oleh Bapak Eduar, Bapak Koen Harianto dan Bapak Bana Supeno. 


 

    Pukul 10.45 wib dilaksanakan rapat sesi kedua dengan agenda Tupoksi BKM, Implementasi AD/ART dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi BKM yang terselenggara hingga pukul 11.45 wib dilanjut Istirahat, Sholat dan makan siang hingga pukul 13.00 wib. 

     Tepat pukul 13.00 wib hingga 15.00 wib dilaksanakan rapat sesi ke 3 dan rapat sesi ke 4 yang di agendakan dengan laporan pertanggung jawaban koordinator BK BKM periode 2020 - 2021, pandangan umum dari 10 ketua RW se Kelurahan Gundih dan dilanjut pemilihan koordinator BKM serta anggota BKM. 

     Dengan Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia serta jujur dan adil pemilihan menghasilkan koordinator BKM dan Anggota sebagai berikut:

- Koordinator BKM : Bapak Bana Supeno MPD. M. HUM

- Anggota : 

- Bapak Ali Syahbana

- Bapak Soeradji Tulus

- Bapak Totok Winarko

- Bapak Siswojo

- Bapak Budi Tjahjono S.E.

- Bapak Sudaryono

- Bapak Nyoto Basuki

- Bapak H Damak Setiawan

- Bapak Mudjianto

- Bapak H Agus Mulyono

- Bapak H Murlan

- Bapak Budoyo

 


          Tepat pukul 15.30 acara terakhir dengan sambutan dari koordinator terpilih dan ditutup do'a sebagai penghubung acara. 

Semoga di masa bakti terbaru, BKM Kelurahan Gundih semakin jaya dan mampu berkiprah dalam pembangunan Kota Surabaya khususnya di wilayah Kelurahan Gundih. 

Posting Komentar

 
Top