2

 


      Gundih, Sungai adalah tempat pembuangan air terakhir bagi hampir seluruh warga Gundih dari selokan perkampungan yang selanjutnya akan bermuara ke laut. 

      Bermacam sisa pembuangan air dari warga entah dari sisa mencuci pakaian, mandi hingga air hujan tertampung di sungai yang melintasi kelurahan Gundih dari Kelurahan Tembok Dukuh menuju Kelurahan Jepara. 

      Adalah Camat Bubutan Drs Kartika Indrayana yang mengagas ide budidaya ikan di sungai, Bersama Lurah Gundih Puput Pujiastuti S,STP dan ketua RW 04 Siswojo berkoordinasi untuk merealiaasikan ide tersebut. 

      Dengan mengunakan Keramba yaitu wadah budi daya ikan berupa kandang yang terbuat dari bambu atau papan kayu yang ditempatkan di badan sungai. Dengan metode ini diharapkan mampu mengurangi tempat pembuatan kolam dan juga memanfaatkan air sungai sebagai media budi daya. 

      Kamis 3 Februari 2022 bertempat di wilayah RW 04 Sumbermulyo Kelurahan Gundih, sejak pukul 07.00 wib beberapa warga melakukan persiapan sebagai tempat keramba dengan mengambil tanah endapan di dasar sungai untuk menaruh keramba yang telah dibuat warga semalam. 

 


     Tepat pukul 07.30 wib acara peletakan keramba di tepi sungai dimulai dan dihadiri langsung oleh Camat Bubutan didampingi Bapak Hendrik selaku  kasie ekonomi dan bangunan, Bapak Handy pendamping Dinas Pertanian dan perikanan, Lurah Gundih bersama Kasatgas Linmas, Ketua LPMK Gundih, Babinsa Gundih, Ketua RW 04 Gundih beserta warga dan KIM Gundih. 

       200 ekor ikan nila dilepaskan di keramba oleh Camat Bubutan didampingi Lurah Gundih, Babinsa Gundih dan ketua RW 04 yang terjun langsung ke sungai. 

       "Semoga ikan ikan ini dapat hidup dan berkembang menjadi besar sehingga dengan mampunya hidup ikan ikan ini bisa membuktikan bahwa sungai di Kelurahan Gundih bebas dari pencemaran dan limbah yang berbahaya" Harapan orang nomer satu di kecamatan Bubutan. 

         Harapan bapak Camat Bubutan diaamiinkan juga oleh Lurah Gundih dan beliau berharap dengan dibuatkannya keramba ini warga semakin sadar lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak membuang limbah yang berbahaya bagi makhluk yang berada di sungai. 

       "Langkah awal dengan pemasangan keramba di wilayah RW 04 Kelurahan Gundih diharapkan waega semakin sadar lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai juga sebagai sarana membangun kebersamaan waega untuk bersama sama menjaga sungai dari limbah yang berbahaya baik bagi lingkungan maupun makhluk hidup di sungai" Ucap Puput. 

         Satu jam acara peletakan keramba dan pengisian ikan nila berakhir dengannya Bapak Camat Bubutan meninggalkan lokasi untuk kembali bertugas melayani warga Kecamatan Bubutan dikantor Kecamatan. 

Posting Komentar

 
Top